Guest

Blog entry by Moni MusTika

Gambar dari Moni MusTika
by Moni MusTika - Thursday, 3 March 2011, 11:10
Anyone in the world

Nama: Moni Mustika

Bp. 0910813042

Tanggal 3 maret 2011

Tugas 1 Sosiologi Pembangunan

Defini pengertian pembangunan menurut beberapa ahli :

  • Johan Galtung adalah pembangunan merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, baik secara individual maupun kelompok, dengan cara-cara yang tidak menimbulkan kerusakan, baik terhadap kehidupan sosial maupun lingkungan alam.
  • Pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan.

(Riyadi dan Deddy supriyadi, 2005)

  • Pembangunan adalah suatu proses perubahan kearah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana.

(Ginanjar kartasas-mita, 1994)

  • Pembangunan adalah suatu upaya terkoordinasi untuk menciptakan alternatif yang lebih banyak secara sah kepada setiap warga negara untuk memenuhi dan mencapai aspirasinya  yang paling manusiawi.

(Nugroho dan Rochmin dahuri, 2004)

  • Menurut Deddy T. Tikson (2005) bahwa pembangunan  dapat pula diartikan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan. Transformasi dalam struktur ekonomi, misalnya, dapat dilihat melalui peningkatan atau pertumbuhan produksi yang cepat di sektor industri dan jasa, sehingga kontribusinya terhadap pendapatan nasional semakin besar.

 

Kesimpulan dari definisi tersebut adalah

Pembangunan merupakan suatu proses akan terkait dengan mekanisme sistem atau kinerja seseorang dengan adanya pembangunan maka masyarakat dapat memenuhi kebutuhan secara langsung demi terciptanya kondisi kemajuan ekonomi dan sosial.

Pembangunan sebagai sebuah perubahan sosial yang terencana tidak bisa hanya dijelaskan secara kuantitatif dengan pendekatan ekonomi semata, terdapat aspek tersembunyi jauh pada diri masyarakat seperti persepsi, gaya hidup, motcivasi dan budaya yang mempengaruhi pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Konsepsi pembangunan yang ada selama ini perlu kita  luruskan pada dasarnya memiliki nilai universal, komprehensif dan holistik, baik di dalam merumuskan tujuannya maupun caranya, berkaitan dengan dimensi-dimensi penting kebutuhan hidup manusia.

Pembangunan sebagai perdamaian, demikian kita menyebut pendekatan ini, Merupakan sarana pembebas manusia dari berbagai bentuk kekerasan, baik struktural, kultural, maupun personal, untuk mewujudkan perdamaian masyarakat.

Indonesia kini menghadapi tantangan serius untuk melakukan pemulihan, pembangunan kembali, dan mendorong perdamaian berkelanjutan, menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang demokratis, sejahtera aman, dan damai dimasa depan.

Pembangunan sebagai salah satu paradigma dan teori perubahan sosial dewasa ini berada pada masa krisis dan mengalami kegagalan penerapan diberbagai Negara dunia.

Sumbernya :

  • http://learning-of.slametwidodo.com/2008/02/01/sosiologi-pembangunan-pengertian-prinsip-prinsip-dan-aspek-aspeknya.
  • Frank, Andre Gunder. (1984). “Sosiologi Pembangunan dan Keterbelakangan Sosiologi”. Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial. (pp 1-32)
  • Norman, Long (2001). “Development Sociology A Actor Perspektif”. London & Newyork: Routledge. (pp 1-29).
  • Frank, Andre Gunder. (1984). “Sosiologi Pembangunan dan Keterbelakangan Sosiologi”. Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial. (pp 1-32)
  • Norman, Long (2001). “Development Sociology A Actor Perspektif”. London & Newyork: Routledge. (pp 1-29)
  • Philip Quarles van Ufford, Frans Husken, dan Dirk Kruijt (eds) (1989). “Tendensi dan Tradisi dalam Sosiologi Pembangunan”. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia. (pp 1-18)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  
Skip Calendar

Calendar

Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
Today Sunday, 23 November 23 24 25 26 27 28 29
30       
Skip Online users

Online users

(last 5 minutes)
  • Gambar dari Guest User  Pengguna tamu

Anda belum login. (Login)
Original theme created by Shaun Daubney