Tentang iLearn

Tentang iLearn

Universitas Andalas mengimplementasikan Learning Management System (LMS) dengan penamaan iLearn (ilearn.unand.ac.id) untuk menjawab kebutuhan pedagogi. Inti dari iLearn adalah adanya aktifitas dan sumberdaya pembelajaran. Setidaknya, ada 20 jenis aktifitas yang berbeda di dalam iLearn, mulai dari forum diskusi, pembuatan glosarium, pembuatan wiki, tugas yang diberikan, dikumpulkan dan dinilai secara daring, ujian-ujian secara daring, polling, membangun database, dan setiap aktifitas itu bisa dikustomisasi sedemikian rupa sesuai keperluan Proses Belajar Mengajar (PBM).

Model berbasis aktifitas yang merupakan jantung dari Student Centered Learning (SCL) dikombinasikan ke dalam urut-urutan aktifitas dan kelompok belajar, yang kemudian akan memandu pelajar mengikuti patron pembelajaran yang disediakan oleh pengajar.

Fitur lain di dalam iLearn akan membantu pelajar untuk membangun komunitas dalam pelajarannya, antara lain adalah blog, berkirim pesan, daftar peserta, serta fitur yang boleh disebut sebagai fitur utama evaluasi yaitu penilaian, pelaporan hasil proses, serta integrasi ke sistem lain bila diperlukan. Ini didukung oleh banyaknya “plug-in” yang tersedia tergantung kepada keperluan.

iLearn sebagai LMS di Universitas Andalas didistribusikan kepada beberapa server fakultas dan program pascasarjana untuk lokalisasi pengelolaan dan keperluan terkait lainnya.

Log In

Create an account